3 Tips Mencegah Kebakaran pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya di zaman sekarang ini memang sedang banyak dikembangkan, karena sistem ini mampu membantu dalam mengurangi emisi karbon. Penggunaannya memang sangat bermanfaat, namun panel surya juga punya risiko seperti listrik konvensional. Salah satunya yaitu risiko kebakaran, yang meskipun risikonya sangat minim namun tetap perlu untuk diantisipasi.

3 Tips Mencegah Kebakaran pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Cara Mengantisipasi Risiko Kebakaran pada Panel Surya

  1. Perhatikan Saat Membeli Panel Surya

Ketika hendak membeli panel surya sebagai suplai listrik utama maupun tambahan di rumah, pastikan anda tidak terburu buru. Namun penting untuk mempertimbangkan semuanya dengan teliti terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar anda bisa mendapatkan produk solar panel terbaik yang berkualitas.

Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi mengenai keinginan anda memasang solar panel dengan pihak terkait, termasuk tim yang akan membantu dalam pemasangannya. Jangan lupa periksa produk sebelum melakukan deal, dan jangan segan bertanya kepada pihak penyedia apabila menemukan kejanggalan pada produk tersebut.

  1. Memastikan Pemasangan Panel Surya Sudah Sempurna

Tips mencegah kebakaran pada pembangkit listrik tenaga surya selanjutnya yaitu memastikan bahwa pemasangan panel sudah sempurna. Dalam hal ini, penting untuk melakukan konsultasi mengenai prosedur pemasangan yang harus dilakukan. Karena dengan konsultasi secara mendetail, maka anda bisa mengetahui apabila terjadi suatu kesalahan pada prosesnya.

Anda juga bisa sekaligus mengetahui jika ada komponen yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih. Jadi ada baiknya anda ikut mengawasi dengan teliti selama proses pemasangan panel solar berlangsung. Apabila pemasangan panel surya sudah sempurna, anda sendiri bisa lebih mudah mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin terjadi, dan lebih mudah dalam perawatannya.

  1. Terapkan Perawatan Secara Berkala

Panel surya memang terkenal tidak memiliki perawatan yang rumit, akan tetapi bukan berarti anda lantas membiarkannya begitu saja. Sistem ini tetap perlu dirawat secara berkala agar fungsinya bisa bekerja dengan maksimal. Adapun perawatan yang dapat anda lakukan cukup beragam.

Di antaranya yaitu memeriksa kemungkinan kerusakan yang ada dengan melihat visual panel, melakukan cek suhu serta aliran panel listrik, cek alat ukur dan kalibrasi perangkat, cek fungsional sirkuit keselamatan, cek kualitas sekring dan lampu panel, periksa aliran listrik dan papan terminal, hingga melakukan pembersihan panel listrik.

Untuk mudahnya, perawatan pembangkit listrik tenaga surya bisa diserahkan kepada teknisi khusus yang memahami bidang listrik. Tentunya tidak perlu khawatir akan biaya, sebab untuk pengecekan saja umumnya tidak membutuhkan biaya besar. Apalagi anda tidak perlu terlalu sering melakukannya, hanya beberapa kali saja untuk menghindari risiko negatif yang mungkin bisa merugikan.

Kebakaran yang terjadi pada perangkat panel surya sendiri sangat jarang terjadi, karena risiko kebakaran tersebut memang sangat minim. Namun tidak ada salahnya untuk menerapkan tips di atas sebagai bentuk antisipasi. Selain itu, anda bisa memesan produk yang berkualitas seperti dari SUN Energy sebagai salah satu bentuk pencegahan.